PROBLEMATIKA GURU IPS DALAM MELAKS1ANAKAN PEMBELAJARAN TERPADU DI SMP NEGERI (STUDI KASUS PADA SMP NEGERI DI WILAYAH EKS. KOTIP KABUPATEN CILACAP)

Rizca, Mutia Sari (2013) PROBLEMATIKA GURU IPS DALAM MELAKS1ANAKAN PEMBELAJARAN TERPADU DI SMP NEGERI (STUDI KASUS PADA SMP NEGERI DI WILAYAH EKS. KOTIP KABUPATEN CILACAP). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Dalam Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi dijelaskan bahwa substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SMP/MTs merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”. Namun demikian, pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di sekolah SMP/MTs sebagian besar masih dilaksanakan secara terpisah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran terpadu dalam mata pelajaran IPS, (2) problematika guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran terpadu, dan (3) upaya-upaya guru IPS mengatasi problematika dalam melaksanakan pembelajaran terpadu di SMP Negeri (Wilayah Eks. Kotip Kab. Cilacap). Penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan pada 8 SMP Negeri di Wilayah Eks. Kotip Kabupaten Cilacap, yaitu SMP N 1 Cilacap, SMP N 2 Cilacap, SMP N 3 Cilacap, SMP N 4 Cilacap, SMP N 5 Cilacap, SMP N 6 Cilacap, SMP N 7 Cilacap, dan SMP N 8 Cilacap. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri Wilayah Eks. Kotip Kabupaten Cilacap, guru belum melaksanakan pembelajaran terpadu dalam proses pembelajaran (2) problematika yang dihadapi guru IPS di SMP Negeri Wilayah Eks. Kotip Kabupaten Cilacap dalam melaksanakan pembelajaran terpadu adalah latar belakang pendidikan guru yang terspesialisasi dalam pendidikan disiplin ilmu (geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi), kurangnya sosialisasi tentang pembelajaran terpadu untuk mata pelajaran IPS dan rendahnya pemahaman guru-guru IPS di SMP Negeri wilayah Eks. Kotip Kab. Cilacap tentang konsep dan praktik pengajaran terpadu, (3) upaya mengatasi problematika guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran terpadu adalah mewajibkan guru untuk mengikuti workshop untuk dapat memahami lebih dalam pengetahuan tentang pembelajaran terpadu untuk mata pelajaran IPS khususnya. Kata kunci: Problematika, Guru IPS, Pembelajaran Terpadu, SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 22:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item