PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN BERBAH TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Siti Hajar, Rohmah (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN BERBAH TAHUN AJARAN 2012/ 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Cover - Daftar Isi, dst.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V - Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS; (2) pengaruh peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS; dan (3) pengaruh motivasi belajar dan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP seKecamatan Berbah tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost-facto. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Berbah pada tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 499 siswa. Jumlah sampel sebanyak 205 siswa diambil dengan menggunakan Nomogram Herry King, dengan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dengan tujuan agar mewakili seluruh tingkatan kualitas SMP di kecamatan Berbah. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan (rx y) sebesar 0,531 dan r hitung lebih besar dari r (0,531>0,138); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan nilai (rx 2 tabel y) sebesar 0,526 dan r hitung lebih besar dari r (0,526>0,138); dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan peran guru dalam proses pembelajaran secara bersama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Berbah tahun ajaran 2012/2013, hasil Ry 0,644 dan F hitung >F (71,398>3,04). Sumbangan Relatif variabel motivasi belajar sebesar 50,7% dan variabel peran guru dalam proses pembelajaran sebesar 49,3%. Sumbangan Efektif kedua variabel sebesar 41,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Motivasi Belajar, Peran Guru, dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 22:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18578

Actions (login required)

View Item View Item