SOSIALISASI NILAI-NILAI KEBERAGAMAN SEBAGAI WUJUD PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA

TERIASIH, ROSIANA DWI (2014) SOSIALISASI NILAI-NILAI KEBERAGAMAN SEBAGAI WUJUD PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SD TUMBUH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 10413244017.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak 10413244017.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 10413244017.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 10413244017.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 10413244017.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4 10413244017.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 10413244017.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 10413244017.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses sosialisasi nilai-nilai keberagaman yang diterapkan di SD Tumbuh 2 Yogyakarta, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan di SD Tumbuh 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu edukator pihak yang terlibat langsung dalam pendidikan multikultural serta kepala sekolah sebagai pihak yang berpengaruh dalam penerapan kebijakan serta penciptaan lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Validitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber serta membercheck. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan multikultural di SD Tumbuh 2 Yogyakarta berasal dari keberagaman latar belakang siswa baik secara sosial maupun budaya. Strategi selanjutnya melalui pemodelan keteladanan sikap dari edukator dan warga sekolah sebagai implikasi nilai-nilai keberagaman seperti toleransi, tolong menolong, dan menghargai sesama. Selain itu, dilakukan melalui beberapa strategi pembelajaran, diantaranya diskusi bersama membahas masalah tertentu yang dapat dilakukan pada morning dan day carpet, minitrip, serta pentas budaya atau perayaan hari besar keagamaan. Media pendukung yang digunakan berbentuk video, gambar, buku bacaan, CD bertemakan pendidikan multikultural, dan karya siswa sebagai media pembelajaran seperti album diversity, diversity corner, wayang. Faktor pendukung pendidikan multikultural yaitu lingkungan sekolah yang beragam membuat siswa melihat langsung keberagaman yang ada di sekitar mereka, selain itu kebijakan sekolah yang mendukung terlaksananya kegiatan bertemakan keberagaman dijadikan kegiatan sekolah. Faktor penghambat penanaman nilai-nilai keberagaman yang muncul diantaranya, beberapa orang tua siswa tidak memiliki misi yang sama dengan pihak sekolah dalam pendidikan multikultural serta dari pihak sekolah, pemantapan strategi pembelajaran pendidikan multikultural bagi edukator belum dilakukan secara maksimal. Kata Kunci : Sekolah dasar, sosialisasi, pendidikan multikultural

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 13 May 2015 00:37
Last Modified: 29 Jan 2019 22:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18550

Actions (login required)

View Item View Item