Winarni, Tri (2014) PELAKSANAAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Halaman Depan (10416241023).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak (10416241023).pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (10416241023).pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (10416241023).pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (10416241023).pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (10416241023).pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (10416241023).pdf Download (58kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan lesson study dalam pembelajaran IPS jarang dilaksanakan dan belum terkoordinasikan dengan baik pada sekolah menengah pertama se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, manfaat, kendala, dan solusi pelaksanaan lesson study berbasis sekolah dalam pembelajaran IPS di sekolah menengah pertama se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari-September 2014. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala urusan kurikulum/koordinator lesson study berbasis sekolah, guru IPS, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan lesson study berbasis sekolah dalam pembelajaran IPS di sekolah menengah pertama se-Kabupaten Bantul menggunakan tiga tahap yaitu plan, do, dan see. Pada kegiatan plan yang berperan banyak adalah koordinator (persiapan) dan guru model (perencanaan). Pada kegiatan do terdapat kegiatan guru, pengamat, dan siswa yang sudah sesuai dengan aturan dalam lesson study. Pada kegiatan see sudah terdapat kepala sekolah, moderator, guru model, pengamat, dan tindak lanjut. (2) Manfaat lesson study berbasis sekolah dalam pembelajaran IPS meliputi perbaikan pembelajaran guru, menambah keaktifan siswa, meningkatkan kualitas sekolah. (3) Kendala lesson study berbasis sekolah dalam pembelajaran IPS adalah dalam hal kemauan guru untuk melaksanakan lesson study, waktu kegiatan lesson study, dan fasilitas sekolah. (4) Solusi untuk mengatasi kendala pelaksanaan lesson study berbasis sekolah dalam pembelajaran IPS antara lain pemantauan kepala sekolah, peninjauan ulang waktu kegiatan lesson study dengan agenda sekolah, dan penambahan fasilitas sekolah. Kata kunci: lesson study, sekolah menengah pertama, IPS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 12 May 2015 07:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18547 |
Actions (login required)
View Item |