TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA KELAS IV, V DAN VI SD NEGERI 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA

Nuzul huda Bayu Kustanto, Nuzul Huda (2012) TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA KELAS IV, V DAN VI SD NEGERI 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUZUL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain sepakbola siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 2 Turi Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 2 Turi Sleman yang berjumlah 60 siswa. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 2 Turi Sleman yang berjumlah 60 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling karena seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan sepakbola usia 10-12 tahun dari Daral Fauzi R. Untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain sepakbola menggunakan enam butir tes, yaitu: dribbling, passing bawah, lemparan ke dalam, berlari dengan bola, heading dengan bola, dan menendang bola dari tempat dan kaki tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 2 Turi Sleman memiliki status keterampilan dasar bermain sepakbola sedang, dengan rincian, kategori baik sekali 0 siswa (0 %), kategori baik 3 siswa (5 %), kategori sedang 35 siswa (58,333 %), kategori kurang sebanyak 22 siswa (36,667 %), dan kategori kurang sekali 0 siswa (0%)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 12 May 2015 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 22:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18514

Actions (login required)

View Item View Item