PENERAPAN METODE TUTORIAL SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMPN 1 KEMRANJEN BANYUMAS

Andini, Giar Indriawati Tri (2014) PENERAPAN METODE TUTORIAL SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMPN 1 KEMRANJEN BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Hal Awal_opt.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak 10416244022.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I 10416244022.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II 10416244022.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III 10416244022.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV 10416244022.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V 10416244022.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran SkripsI 10416244022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Kemranjen pada mata pelajaran IPS masih tergolong rendah. Maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran tutorial sebaya dalam pembelajaran IPS, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Kemranjen setelah dilakukan tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Kemranjen yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dimana satu siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini untuk motivasi menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Kemudian untuk hasil belajar menggunakan tes hasil belajar. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan triangulasi teknik. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator motivasi siswa mencapai 60% dan apabila jumlah siswa yang memenuhi KKM sudah mencapai 60%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutorial sebaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII A SMPN 1 Kemranjen Banyumas. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator motivasi dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM pada tiap siklusnya hingga mencapai bahkan melampaui kriteria keberhasilan tindakan. Pada siklus I rata-rata persentase indikator motivasi siswa berdasarkan observasi yaitu 56% dan berdasarkan angket yaitu 59%. Pada siklus II persentase motivasi meningkat, berdasarkan observasi menjadi 67%, dan berdasarkan angket menjadi 64%. Untuk hasil belajar, pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 32%, kemudian meningkat menjadi 63% pada siklus II. Kata Kunci: Tutorial sebaya, Motivasi siswa, Hasil belajar siswa, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 12 May 2015 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 22:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18460

Actions (login required)

View Item View Item