PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI BERDASARKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA

Novriani, Chika (2014) PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI BERDASARKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X DI SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1) Halaman Depan 09405241046.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2) Abstrak 09405241046.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4) BAB I 09405241046.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5) BAB II 09405241046.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6) BAB III 09405241046.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7) BAB IV 09405241046.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8) BAB V 09405241046.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode TTW terhadap hasil belajar geografi kelas X di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta, (2) Perbedaan hasil belajar geografi siswa dengan motivasi berprestasi tinggi antara yang menggunakan metode TTW dengan metode konvensional, (3) Perbedaan hasil belajar geografi siswa dengan motivasi berprestasi rendah antara yang menggunakan metode TTW dengan yang menggunakan metode konvensional, dan (4) Interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar geografi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kolombo sebanyak 3 kelas dengan sampel penelitian yaitu kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anova. Hasil penelitian ini yaitu: (1) metode pembelajaran, baik TTW maupun konvensional, memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa, namun metode konvensional memiliki pengaruh yang lebih besar daripada metode TTW, (2) hasil belajar geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi di kelas eksperimen lebih rendah dari kelas kontrol, (3) hasil belajar geografi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah di kelas kontrol lebih besar dari kelas eksperimen, (4) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai siginifikansi 0.122 > 0.05. Kata kunci: Think-Talk-Write, Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 11 May 2015 00:49
Last Modified: 29 Jan 2019 22:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18410

Actions (login required)

View Item View Item