Nofiyanti, Estin (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Text
Microsoft Word - BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
Microsoft Word - BAB II.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Microsoft Word - BAB III.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Microsoft Word - BAB IV.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
Microsoft Word - BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan aktivitas belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, dan (2) perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak dengan TSTS, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester II SMA N 1 Wonosari tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 191 peserta didik dan terbagi dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 64 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu satu kelas sebagai eksperimen (A1) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (A2). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan analisis kovarian (anakova rancangan rambang lugas satu kovariabel). Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,003) pada aktivitas belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, dan (2) tidak ada perbedaan yang signifikan (p = 0,976) pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak dengan TSTS, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TSTS efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik, tetapi tidak efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 07 May 2015 04:50 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18353 |
Actions (login required)
View Item |