PENERAPAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 KALASAN

Utaminingrum, Sri (2013) PENERAPAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
4141280001 1. Halaman Depan.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141280001 2. Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141280001 3. BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141280001 4. BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141280001 5. BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141280001 6. BAB IV.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141280001 7. BAB V.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4141280001 8. Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar IPS siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kalasan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk menjelaskan upaya meningkatkan aktivitas belajar IPS dengan menggunakan metode Learning Starts With A Question pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kalasan, 2) Mengetahui besarnya peningkatan aktivitas belajar IPS yang terjadi saat siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kalasan belajar dengan metode Learning Starts With A Question. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas VII A SMP Negeri 3 Kalasan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus yang berjumlah 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator aktivitas belajar siswa mencapai 76%. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu menggunakan teknik triangulasi metode. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Upaya meningkatkan aktivitas belajar IPS dengan menggunakan metode Learning Starts With A Question pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kalasan dilakukan dengan cara: menerapkan metode Learning Starts With A Question ditambah dengan pemberian hadiah dan tambahan poin nilai, meminta setiap siswa menuliskan pertanyaan pada kartu, menukarkan pertanyaan antar kelompok, meminta setiap siswa menjawab pertanyaan yang tertulis pada kartu yang didapatkan, dan meminta masing-masing siswa dalam setiap kelompok secara bergantian untuk maju ke depan kelas membacakan pertanyaan dan jawaban dari kartu yang didapatkan; 2) Penerapan metode Learning Starts With A Question dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kalasan. Pada siklus I diperoleh data rata-rata persentase indikator aktivitas belajar IPS siswa mencapai 67,24%. Adanya peningkatan rata-rata persentase indikator aktivitas belajar IPS siswa sebesar 17,82% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus II rata-rata persentase indikator aktivitas belajar IPS siswa mencapai 85,06%. Berdasarkan data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini sudah dapat memenuhi kriteria keberhasilan 76%. Kata Kunci: Metode Learning Starts With A Question, Aktivitas belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 07 May 2015 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18282

Actions (login required)

View Item View Item