Kuni, Masrohatin (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP N 3 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
BAB I.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan motivasi belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan ceramah; dan (2) Perbedaan prestasi belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan ceramah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Pre-Test, Post-Test Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (36 siswa) dan kelompok kontrol (34 siswa). Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas untuk motivasi belajar dengan rumus Alpha Cronbach sedangkan uji reliabilitas prestasi belajar dengan rumus Kuder Richardson KR-20. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar Pkn antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan metode ceramah. Motivasi belajar PKn yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) lebih tinggi daripada yang menerapkan metode ceramah dengan uji t taraf signifikansi 5% (0.002<0.05) diperoleh nilai ݐ = 3.169 dan ݐ ݐܾ݈ܽ݁ൌ �݄݅ݐݑ݊݃� 2.000. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar PKn antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan metode ceramah. Prestasi belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) lebih tinggi daripada yang menerapkan metode ceramah dengan uji t taraf signifikansi 5% (0.000<0.05) diperoleh ݐ ݄݅ݐݑ݊݃� = 4.101 dan ݐ ݐܾ݈ܽ݁ൌ � 2.000. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS, Metode Ceramah Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 08 May 2015 06:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18236 |
Actions (login required)
View Item |