HAMBATAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SMK MA’ARIF SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Danik, Wulandari (2013) HAMBATAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SMK MA’ARIF SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PRABAB.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I re smnar fik.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II re smnar fik.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III re smnar fik.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV revisi fik.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V revisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fik.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hambatan apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran PKn. (2) Hambatan apa yang dihadapi siswa dalam pembelajaran PKn. (3) Upaya yang dilakukan guru, siswa, dan sekolah untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran PKn di SMK Ma’arif Salam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penentuan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PKn,siswa di SMK Ma’arif Salam Kabupaten Magelang. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data mencakup reduksi data, unitisasi dan kategorisasi, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hambatan guru dalam pembelajaran PKn di SMK Ma’arif Salam yaitu persiapan pembelajaran (pembuatan RPP dan silabus), pemilihan metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan pengelolaan kelas yang belum kondusif. (2) Hambatan siswa dalam pembelajaran PKn adalah memusatkan konsentrasi, sulit memahami materi, cara belajar yang tidak tepat, kurangnya motivasi dan minat, ruang kelas yang tidak menetap, keadaan ruang kelas yang tidak mendukung. (3) a. Upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran PKn yaitu menekankan pada penguasaan materi,menggunakan media dan metode yang mudah diterima siswa, lebih mengenal dominan karakter siswa di kelas, meminjam LCD proyektor dari bagian Tata Usaha dan menggunakan media sederhana yang ada di dalam kelas, menyanyikan lagu-lagu perjuangan untuk memberi motivasi kepada siswa, mengatasi konsentrasi dengan cara menegur siswa yang ramai, memberi sanksi, mengeluarkan siswa ramai dari kelas, menyarankan siswa agar membuat ringkasan materi dan menggunakan cara belajar dengan sistem kredit, mengajar siswa dengan apa adanya keadaan ruang kelas. b. Upaya siswa untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran PKn adalah berpindah tempat duduk menjauh dari teman yang ramai, lebih rajin belajar, meringkas materi, mencari informasi melalui internet atau setelah guru menjelaskan, siswa bertanya. c. Upaya sekolah untuk mengatasi hambatan guru dan siswa dalam pembelajaran PKn yaitu menambah ruang kelas, sekolah menyediakan LCD Proyektor di masing-masing jurusan, laboratorium komputer yang dapat digunakan untuk mengakses internet.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 29 Jan 2019 22:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18228

Actions (login required)

View Item View Item