PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII B SMP N 4 SLEMAN

HARYANI, . (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII B SMP N 4 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 09.12.024 Har p.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 09.12.024 Har p.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 09.12.024 Har p.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 09.12.024 Har p.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 09.12.024 Har p.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 09.12.024 Har p.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 09.12.024 Har p2.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah kurangnya kerjasama dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS serta metode mengajar guru yang kurang bervariasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS kelas VII B SMP N 4 Sleman setelah diterapkannya model Cooperative Learning teknik Bamboo Dancing. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri atas 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 4 Sleman yang berjumlah 32 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini yaitu jika kerjasama siswa mencapai angka 75% berdasarkan hasil observasi dan pemahaman siswa mencapai angka 75% berdasarkan hasil tes. Pengukuran keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning teknik Bamboo Dancing dapat meningkatkan kerjasama dan pemahaman siswa kelas VII B SMP N 4 Sleman. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama dan pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata rata kerjasama siswa adalah sebesar 51,56%, dan kemudian pada siklus II meningkat menjadi 78,91%. Pada siklus I siswa yang membaca dan menghafalkan materi, berdiskusi, menyampaikan dengan kalimat yang jelas dan mudah dipahami, menghargai pendapat temannya, mendengarkan ketika temannya berbicara, berbicara sesuai gilirannya dan membantu ketika temannya belum paham hanya beberapa saja yang melakukannya, namun pada siklus II mengalami peningkatan sesuai dengan yang telah diharapkan. Pemahaman siswa berdasarkan hasil post tes pada siklus I adalah sebesar 69,20% dan kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,39%. Persentase kerjasama dan pemahaman tersebut sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan sebesar 75% sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci : Bamboo Dancing, Kerjasama, Pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 May 2015 07:14
Last Modified: 05 May 2015 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18189

Actions (login required)

View Item View Item