Purwaningsih, Etik (2013) IMPLEMENTASI METODE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA KELAS VIII D DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Halaman Depan 09.12.017 Eti i.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 09.12.017 Eti i.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I 09.12.017 Eti i.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II 09.12.017 Eti i.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III 09.12.017 Eti i.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV 09.12.017 Eti i.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V_DAFTAR PUSTAKA 09.12.017 Eti i.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 09.12.017 Eti i2.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Peneliti menemukan fenomena yang mengindikasikan rendahnya kerjasama siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII D di SMP Negeri 3 Depok. Peneliti juga menemukan permasalahan lain yaitu metode yang digunakan dalam pembelajaran IPS Kelas VIII D SMP N 3 Depok belum bervariasi atau belum mampu meningkatkan kerjasama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti bahwa metode Firing Line dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas VIII D dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Depok Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Depok sebanyak 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tahapan dalam penelitian ini antara lain planning, act and observe, dan reflecting. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan metode Firing Line dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas VIII D dalam pembelajaran IPS. Peningkatan ini terbukti dari persentase hasil observasi kerjasama siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I rata-rata persentase kerjasama siswa adalah 72,26%. Pada siklus II meningkat sebesar 11,56% menjadi 83,82%. Selain itu hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebagai kontrol terhadap metode yang digunakan, juga mengalami peningkatan. Data yang diperoleh dari hasil tes menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM adalah 59,37%. Pada siklus II meningkat sebesar 20,04% menjadi 79,41%. Berdasarkan rata-rata kerjasama siswa pada siklus I dan siklus II, serta hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM di atas, dapat disimpulkan bahwa kerjasama siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode Firing Line. Dengan demikian, penerapan metode Firing Line untuk meningkatkan kerjasama siswa pada kelas VIII D di SMP Negeri 3 Depok dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci: Firing Line, Kerjasama Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 05 May 2015 06:59 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |