PENGARUH PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

RAHMAWATI, ERLINA ISNI (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN 08.01.005 Erl p.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I 08.01.005 Erl p.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II 08.01.005 Erl p.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III 08.01.005 Erl p.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV 08.01.005 Erl p.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V + DAFTAR PUSTAKA 08.01.005 Erl p.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN 08.01.005 Erl p.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) bagaimana hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran menggunakan metode think pair share, dan (2) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang menerima pembelajaran menggunakan metode think pair share dengan yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 6 kelas. Berdasarkan penuturan guru PKn di SMP Negeri 7 Klaten,dari 6 kelastersebutterdapatdua kelas (VII/C da VII/E) yang kemampuan rata-ratanya lebih rendah dibanding dengan 4 kelas lainnya. Dari dua kelas ini kemudian diacak untuk menentukan mana yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diacak, kelas yang terpilihsebagai kelas eksperimen adalah kelas VII/E sedangkan kelas untuk kelompok kontrol adalah kelas VIIC.Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji “t“. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran menggunakan metode think pair share lebih baik dibanding dengan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah, (2) terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan metode think pair share dengan siswa yang belajar menggunakan metode ceramahpada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan yang menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel (4,284 > 1,990). Kata kunci: Metode Think Pair Share, Hasil Belajar PKn Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 05 May 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 22:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18122

Actions (login required)

View Item View Item