RAHMAWATI, ERLINA ISNI (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN 08.01.005 Erl p.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I 08.01.005 Erl p.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II 08.01.005 Erl p.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III 08.01.005 Erl p.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV 08.01.005 Erl p.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V + DAFTAR PUSTAKA 08.01.005 Erl p.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN 08.01.005 Erl p.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) bagaimana hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran menggunakan metode think pair share, dan (2) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang menerima pembelajaran menggunakan metode think pair share dengan yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 6 kelas. Berdasarkan penuturan guru PKn di SMP Negeri 7 Klaten,dari 6 kelastersebutterdapatdua kelas (VII/C da VII/E) yang kemampuan rata-ratanya lebih rendah dibanding dengan 4 kelas lainnya. Dari dua kelas ini kemudian diacak untuk menentukan mana yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diacak, kelas yang terpilihsebagai kelas eksperimen adalah kelas VII/E sedangkan kelas untuk kelompok kontrol adalah kelas VIIC.Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji “t“. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang menerima pembelajaran menggunakan metode think pair share lebih baik dibanding dengan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah, (2) terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan metode think pair share dengan siswa yang belajar menggunakan metode ceramahpada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan yang menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel (4,284 > 1,990). Kata kunci: Metode Think Pair Share, Hasil Belajar PKn Siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 05 May 2015 02:46 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18122 |
Actions (login required)
View Item |