Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Pecahan Tema 3 Berbasis Teori Bruner dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas IV SD Labschool Unesa

Wijayanti, Lina (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Pecahan Tema 3 Berbasis Teori Bruner dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas IV SD Labschool Unesa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lina-wijayanti-13712251068.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi pecahan tema 3 berbasis teori Bruner ditinjau dari kualitas produk secara umum (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan) dan dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar peserta didik di kelas IV SD Labschool Unesa. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall, yang meliputi 10 langkah: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba lapangan terbatas, 5) revisi produk hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk hasil uji coba, 8) uji coba produk operasional, 9) revisi produk akhir, dan 10) diseminasi. Subjek penelitian dalam uji coba terbatas berjumlah 4 siswa, sedangkan dalam uji coba lapangan berjumlah 8 siswa. Subjek uji coba produk operasional pada kelas eksperimen sebanyak 17 siswa dan kelas kontrol sebanyak 18 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian produk perangkat pembelajaran, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, tes hasil belajar, angket respon guru, dan agket respon peserta didik. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran hasil pengembangan dinyatakan valid dengan kategori sebagai berikut: silabus berkategori “baik“, RPP berkategori “sangat baik“, tes hasil belajar berkategori “baik“, dan media berkategori “sangat baik“, sehingga rerata hasil semua perangkat pembelajaran adalah berkategori “baik“. Penerapan perangkat pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil uji coba kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat perbedaan yang signifikan pada ketercapaian hasil belajar sehingga perangkat pembelajaran dikatakan efektif, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis teori Bruner hasil pengembangan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, teori Bruner, kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 May 2015 00:19
Last Modified: 09 May 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18119

Actions (login required)

View Item View Item