Faktor-faktor Kesulitan Guru pada Pembelajaran Tematik Integratif di SD Kota Mataram

Rasidi, Muhamad ahyar (2015) Faktor-faktor Kesulitan Guru pada Pembelajaran Tematik Integratif di SD Kota Mataram. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-ahyar-rasidi-13712251050.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor kesulitan guru pada pembelajaran tematik integratif di SD Kota Mataram. Kesulitan guru yang dimaksud adalah permasalahan yang dihadapi guru pada aspek perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan kelas, dan penilaian pembelajaran sebagai penyebab aplikasi pembelajaran tematik integratif yang kurang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD yang ada di Kota Mataram. Pengambilan sampel dilakukan secara multistage random sampling karena jumlah populasi yang besar dan tersebar di enam kecamatan. Ada tiga kecamatan yang dijadikan sebagai sampel yaitu Cakranegara, Sekarbela, dan Mataram. Analisis data dilakukan dengan analisis faktor eksploratori Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat faktor kesulitan guru pada perencanaan pembelajaran yaitu: (1) penjabaran materi yang relevan dengan konten pembelajaran, (2) pemilihan metode dan media berorientasi lingkungan, (3) penyusunan indikator, dan (4) penjabaran materi yang relevan dengan tema. Pada pelaksanaannya terdapat tiga faktor yaitu: (1) penguasaan konsep dalam pembelajaran saintifik yang interaktif, (2) pemanfaatan media dalam menciptakan karya, dan (3) penguasaan keterampilan apersepsi. Pada pengelolaan kelas, faktor-faktor kesulitan guru adalah: (1) penataan kelas yang variatif dan edukatif, (2) pengkordinasian belajar sesuai konteks pembelajaran, dan (3) pengkoordinasian kelas dengan regulasi simpel dan terukur. Sedangkan penilaian pembelajaran terdapat tiga faktor kesulitan guru yaitu: (1) pengembangan perangkat penilaian terstandar, (2) pendeskripsian hasil belajar secara kualitatif dan kuantitatif, dan (3) pemilihan instrumen penilaian sikap, afektif, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: faktor-faktor, kesulitan guru, pembelajaran tematik integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 May 2015 01:04
Last Modified: 09 May 2019 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18030

Actions (login required)

View Item View Item