Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PkN di SMP Negeri 3 Wates Kulon Progo

Anisa, Frida (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PkN di SMP Negeri 3 Wates Kulon Progo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 08401244012 Frida Anisa.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran PKn di SMP Negeri 3 Wates, khususnya karakter religius, jujur, disiplin, rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan peduli lingkungan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran PKn di SMP Negeri 3 Wates, beserta solusinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Wates melalui 4 faktor yaitu faktor komunikasi: guru mengomunikasikannya melalui tahap proses pembelajaran yaitu tahap pendahuluan: tahap awal doa (religius), melakukan apersepsi (rasa ingin tahu). Tahap inti: membentuk kelompok diskusi dengan nama lagu nasional (cinta tanah air), guru membimbing siswa berdiskusi, guru menegur siswa yang mengantuk (disiplin). Tahap penutup: memberi PR (rasa ingin tahu); berakhir dengan doa dan salam (religius); Faktor sumber daya: siswa memiliki kemampuan untuk memahami dan menghayati pendidikan karakter yang diimplementasikan dalam sekolah, keluarga, dan masyarakat; Faktor disposisi: semua pihak membangun komitmen untuk meningkatkan perilaku kepribadian; Faktor struktur birokrasi: sekolah sebagai lembaga pendidikan memberikan fasilitas untuk menjamin kelancaran pendidikan karakter. (2) Kendalanya: faktor potensi guru yang berbeda–beda; faktor lingkungan, siswa mudah terpengaruh lingkungan sekitar; dan faktor keluarga, tidak ada dukungan dari keluarga menyebabkan terhambatnya pendidikan karakter. (3) Solusinya: pihak sekolah memberikan teladan yang baik; memberi sanksi kepada siswa yang melanggar; mengembangkan model pembelajaran. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 21:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17883

Actions (login required)

View Item View Item