UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 4 SENTOLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Agustinah, Trini (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 4 SENTOLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi (Trini A) Trini Agustinah.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS, melalui pembelajaran dengan metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw kelas VII C SMP N 4 Sentolo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP N 4 Sentolo, Kabupataten Kulon Progo pada semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan melalui lembar observasi, kuisioner , wawancara dan hasil tes pada setiap akhir siklus. Hasil pengamatan yang diperoleh dianalisa dan dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan tindakan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS, hal ini bisa dilihat dari pencapaian nilai yang ada peningkatan dari dari tahap awal dengan nilai rata-rata 70,15 menjadi 74,68 pada siklus I dan menjadi 79,68 pada siklus II . Kata kunci : Hasil belajar, Metode belajar, Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 30 Apr 2015 02:54
Last Modified: 29 Jan 2019 21:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17872

Actions (login required)

View Item View Item