METODE PEMBELAJARAN ALAT MUSIK KEYBOARD PADA ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI YAKETUNIS YOGYAKARTA

Meirawati, Rita Nurindah (2014) METODE PEMBELAJARAN ALAT MUSIK KEYBOARD PADA ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rita Nurindah Meirawati 07208244017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis metode dan pelaksanaan pembelajaran alat musik keyboard pada siswa penyandang tunanetra di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pelajaran seni musik dan siswa-siswi SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan tentang metode pembelajaran yang digunakan dalam praktek pembelajaran bermain alat musik keyboard pada anak tunanetra. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) metode yang digunakan dalam pembelajaran bermain alat musik keyboard pada anak tunanetra yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode pendampingan, metode imitasi, metode latihan atau drill dan metode tugas; 2) dalam memberi materi pelajaran guru dituntut untuk lebih mengontrol besarkecilnya volume suara dan menggunakan bahasa dan kosa kata yang jelas, ini dikarenakan anak tunanetra hanya mengandalkan indera pendengarannya dalam menerima materi pembelajaran, 3) pada tahap pelaksanaan praktek pembelajaran, jika anak awas menggunakan mata untuk melakukan imitasi, maka lain halnya untuk anak tunanetra. Sebagai pengganti indera penglihatannya, anak tunanetra menggunakan indera perabaannya dalam melakukan imitasi (fungsi taktil). Untuk mengetahui letak dan posisi tuts keyboard dengan benar, anak tunanetra diharuskan meraba setiap bagian pada tuts.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, keyboard, tunanetra
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Apr 2015 01:40
Last Modified: 29 Jan 2019 21:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17866

Actions (login required)

View Item View Item