UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN ANSAMBEL MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK IRINGAN DI MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI

Priyadi (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN ANSAMBEL MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK IRINGAN DI MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Priyadi 10208244037.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bermain ansambel menggunakan media musik iringan di MTs Muhammadiyah Tawangsari kelas VIII A. Praktik bermain ansambel adalah materi yang diberikan pada pembelajaran seni musik untuk siswa kelas VIII SMP / Mts. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Muhammadiyah Tawangsari yang terdiri atas 21 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media iringan encore dapat meningkatkan kemampuan bermain ansambel siswa kelas VIIIA MTs Muhammadiyah Tawangsari. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata dari hasil evaluasi praktik bermain ansambel. Rata-rata yang diperoleh adalah; pra siklus 46; siklus I 56,8; siklus II 75; dan siklus III 78,8. Dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media iringan encore pada pembelajaran ansambel dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain ansambel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ensambel, musik iringan, mts muhammadiyah tawangsari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Apr 2015 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 21:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17863

Actions (login required)

View Item View Item