STRATEGI PEMBELAJARAN PADUAN SUARA “SWARA WADHANA” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ayudani, Priskila Yuli Nugraheni (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PADUAN SUARA “SWARA WADHANA” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Priskila Yuli NA 07208241019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan pada kelompok Paduan Suara Mahasiswa “ Swara Wadhana” Universitas Negeri Yogyakarta sehingga dapat memperoleh prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran yang diterapkan pada Paduan Suara Mahasiswa “Swara Wadhana”.Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data dan kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi pembelajaran yang dilakukan sebagai program rutin tahunan, yaitu strategi penerimaan warga baru (Penwaru), yang dilakukan dengan tes wawancara dan musikalitas. Tes musikalitas berupa penentuan wilayah suara, tes solfegio, yang meliputi tes akord, interval dan ritmis, tes primavista dan tes kemampuan bernyanyi. Strategi Pendidikan dan Latihan (Diklat) dilakukan selama tiga bulan sebagai waktu untuk mempelajari dasar-dasar teknik bernyanyi dengan benar. Strategi konser tahunan dilakukan sekali dalam setahun sebagai tolok ukur kemampuan bernyanyi anggota paduan suara selama mengikuti diklat dan latihan persiapan konser. Strategi mengikuti lomba diikuti oleh senior yang telah memiliki kemampuan melalui pengalaman dalam bernyanyi dengan teknik vokal yang dipelajari dengan mengikuti program kerja Paduan Suara Mahasiswa “Swara Wadhana” yang berupa Penerimaan Warga Baru, Pendidikan dan Latihan serta mengikuti konser tahunan. dalam setiap strategi program yang dilaksanakan juga terdapat strategi pelaksanaan yang terdiri dari sttrategi ekspositori yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan ceramah. Strategi pembelajaran kooperatif digunakan untuk membagi kelompok paduan suara menurut jenis suaranya, dan strategi pembe;lajaran demonstrasi yang digunakan untuk menjelaskan materi yang berkenaan dengan teknik vokal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Paduan suara
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Apr 2015 01:20
Last Modified: 29 Jan 2019 21:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17860

Actions (login required)

View Item View Item