TEKNIK PERMAINAN GITAR DALAM MUSIK KARAMBANGAN DI TENTENA KABUPATEN POSO SULAWESI TENGAH

Kodongan, Mourets Ungke (2014) TEKNIK PERMAINAN GITAR DALAM MUSIK KARAMBANGAN DI TENTENA KABUPATEN POSO SULAWESI TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mourets Ungke Kodongan 09208244067.pdf

Download (152MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah teknik permainan gitar dalam musik Karambangan Poso. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan teknik-teknik yang digunakan pada permainan gitar dalam musik Karambangan Poso. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, Bapak Fredrik Kalengke selaku pemain gitar musik Karambangan Poso menjadi narasumber utama. Penelitian difokuskan pada teknik permainan gitar dalam musik Karambangan Poso. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Untuk pemeriksaan kebenaran dan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Dengan demikian, permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini akan bisa terjawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik permainan gitar dalam musik Karambangan Poso meliputi: (1) sikap badan saat bermain gitar dalam musik Karambangan Poso dengan sikap duduk, (2) posisi tangan kanan yaitu lengan bawah tangan kanan bersandar pada body atas gitar dan diletakkan paling belakang pada atas body gitar. Kemudian saat memetik senar posisi tangan kanan berada diantara lubang resonansi dan bridge gitar, (3) posisi tangan kiri yaitu, posisi ibu ditempatkan tepat dibelakang jari tengah saat menekan senar dan diposisikan pada 1/2 jarak antara bawah dan atas neck gitar, (4) penjarian tangan kiri memainkan akor-akor yang dipadukan dengan variasi-variasi melodi dari pecahan akor tersebut dengan hanya bermain pada senar 1 dan senar 2, sedangkan senar lainnya dibiarkan pada posisi tanpa ditekan (open string). Adapun, teknik-teknik yang dimainkan dalam penjarian tangan kiri yaitu teknik barre, teknik slur, dan teknik slide, (5) teknik petikan menggunakan petikan tirando dan teknik strumming. Jari yang digunakan hanya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, dan (6) produksi nada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gitar, karambangan, tentena
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Apr 2015 00:55
Last Modified: 29 Jan 2019 21:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item