UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

FITRI, WAHYUNI (2010) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
UPAYA_MENINGKATKAN_MINAT_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_VII_SMP_NEGERI_6_YOGYAKARTA_DENGAN_MENGGUNAKAN_MEDIA_KOMIK_MELALUI_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_STUDENT_TEAMS_ACHIEVEMENT_DIVISIONS_(STAD).pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII B SMPN 6 Yogyakarta dengan menggunakan media komik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Minat yang diamati meliputi tiga aspek yaitu keingintahuan, perhatian, dan rasa senang terhadap mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan siklus I terdiri dari tiga pertemuan, dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap akhir siklus siswa diberikan angket minat. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media komik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, angket minat, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pembelajaran dengan menggunakan komik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) adalah : (1) presentasi kelas dengan memberikan pertanyaan kepada siswa secara acak sehingga setiap siswa harus siap menjawab jika diberi pertanyaan, (2) diskusi kelompok, (3) kuis, (4) peningkatan nilai individu, dan (5) pemberian penghargaan kepada kelompok berprestasi berupa hadiah yang benar-benar berguna bagi siswa (misal : buku, jangka, penggaris panjang). Pembelajaran dengan menggunakan komik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata persentase minat yang cukup signifikan untuk tiap siklus, yaitu siklus I sebesar 68,08% (kriteria sedang), dan pada siklus II sebesar 78,72% (kriteria tinggi). Sedangkan rata-rata persentase minat untuk setiap aspek, pada siklus I aspek keingintahuan sebesar 72,85%, aspek rasa senang sebesar 70,21%, dan aspek perhatian sebesar 61,18%. Pada siklus II, aspek keingintahuan sebesar 80,95%, aspek rasa senang sebesar 75,81%, dan aspek perhatian sebesar 79,40%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika
Date Deposited: 06 Jul 2012 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 14:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item