Implementasi Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X C SMA N 1 Gamping Sleman Yogyakarta

Prihatin, . (2015) Implementasi Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X C SMA N 1 Gamping Sleman Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11406241039 Prihatin.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang optimalnya minat belajar siswa kelas X C SMA N 1 Gamping. Tujuan penelitian ini adalah (1) realitas pembelajaran di SMA N 1 Gamping, (2) bagaimana meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapa model pembelajaran Word Square di kelas X C SMA N 1 Gamping dan (3) Kelebihan dan kendala pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran Word Square di kelas X C SMA N 1 Gamping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi selama 2 siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pengambilan data melalui wawancra, observasi dan angket. Validitas data menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Gamping selama ini dominan menggunakan metode pembelajaran ceramah tanpa adanya model pembelajaran yang menarik, sehingga pembelajaran menjadi membosankan yang menyebabkan tidak optimalnya minat belajar siswa (2) penerapan model pembelajaran Word Square dan diskusi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar sebelum tindakan 59,5%, pada siklus I minat belajar menjadi 79,59% atau meningkat 20,9%, pada siklus II minat belajar siswa menjadi 81,61 atau meningkat 2,02% dan (3) Kelebihan model pembelajaran Word Square adalah siswa senang mengikuti pembelajaran sejarah dan mempermudah siswa menguasai materi pembelajaran sejarah, sedangkan kendala penerapan model pembelajaran Word Square membutuhkan waktu yang lama untuk membuat lembar kerja Word Square dan membutuhkan kepandaian dalam mengkondisikan kelas. Kata Kunci: Minat Belajar, Word Square, dan Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 29 Apr 2015 01:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17739

Actions (login required)

View Item View Item