PERBEDAAN KEMAMPUAN BERMAIN GITAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN MODELPAIKEM DI SANGGAR GRIYA MUSIKA SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR, PROVINSI BALI

Putra, I Putu Lukita Wiweka (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERMAIN GITAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN MODELPAIKEM DI SANGGAR GRIYA MUSIKA SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR, PROVINSI BALI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
I Putu Lukita WNP 10208241010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bermain gitar siswa melalui penerapan model pembelajaran konvensional dan model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif , Efektif, dan Menyenangkan) di sanggar Griya Musika Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental dengan design One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini adalah penelitian populasi, dimana populasi yang diambil adalah siswa gitar di sanggar Griya Musika Sukawati yang berjumlah 15 orang. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity) dan validitas konstruk (construct validity). Secara isi, instrumen dinyatakan valid oleh ahli (expert). Secara konstruk, instrumen juga dapat dikatakan valid, karena korelasi antara skor item dengan skor total (r) > 0,3. Selisih dari rata-rata tes akhir (posttest) dengan tes awal (pretest) digunakan dalam proses analisis data untuk melihat perbedaan kemampuan bermain gitar siswa dengan penerapan model pembelajaran konvesional dan model PAIKEM di sanggar Griya Musika Sukawati. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tes akhir (posttest) sebesar 11.5 lebih tinggi daripada nilai rata-rata tes awal (pretest) sebesar 8.96. Selisih dari nilai rata-rata tes akhir (posttest) dengan tes awal (pretest) adalah 2.54 dan ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan bermain gitar siswa dengan penerapan model pembelajaran konvesional dan model PAIKEM di sanggar Griya Musika Sukawati. Bertolak dari hasil tersebut, maka model PAIKEM layak dipertimbangkan untuk digunakan dalam pembelajaran gitar, khususnya di sanggar Griya Musika Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gitar, pembelajaran konvensional, sanggar griya musika sukawat
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 Apr 2015 03:56
Last Modified: 29 Jan 2019 21:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item View Item