Swandaru, Gusti (2014) “UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN INSTRUMEN MUSIK ANGKLUNG SISWA KELAS B3 DALAM PEMBELAJARAN ANGKLUNG MELALUI METODE DRILL DI TK DHARMA RINI YOGYAKARTA”. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Gusti Swandaru 07208241026.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain instrumen musik dalam pembelajaran angklung di TK Dharma Rini Yogyakarta. Permasalahan yang mendasar dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam memainkan instrumen angklung, sehingga dibutuhkan sebuah metode yang dapat membantu meningkatkan keterampilan bermain instrumen musik siswa dalam mengikuti pembelajaran angklung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas B3 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan bermain instrumen musik siswa di TK Dharma Rini Yogyakarta. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan melihat skor sebelum penelitian tindakan sebesar 63,66% yang berada dalam kategori kurang. Pada siklus I diterapkan metode drill, siswa yang berada dalam kategori kurang, skor meningkat menjadi 77,33% dan belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga perlu dilanjutkan dengan tindakan siklus II. Pada penerapan metode drill di siklus II, seluruh siswa berada dalam kategori baik dengan skor 85,66%. Berdasarkan kriteria keberhasilan apabila seluruh siswa berada dalam kategori baik, maka pemberian tindakan dikatakan berhasil. Dari pengamatan dan analisis data yang diperoleh disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan bermain instrumen musik dalam pembelajaran angklung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | angklung, metode drill |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 03:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17697 |
Actions (login required)
View Item |