Putra, Andrianus Satya (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MUSIK MANCANEGARA DI SMP N 1 PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Andrianus Satya Putra 10208244045.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan media audio visual dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media audio visual dalam pembelajaran musik mancanegara di Asia; (b) mengetahui keefektifan penggunaan media audio visual dalam mendukung pembelajaran musik mancanegara di Asia pada siswa yang diajar dengan media audio visual dibandingkan siswa yang diajar tanpa menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode experiment. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu media audio visual sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 96 siswa di SMPN 1 Prambanan Sleman, Yogyakarta. Teknik untuk menentukan sampel adalah simple random sampling dan diperoleh kelas IX D sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalaui tes multiple choice items materi musik musik mancanegara di Asia pada pretest dan posttest. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji-t). Dari hasil posttest diperoleh nilai t hitung (4,590) lebih besar dari t tabel (2,013) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara kelas yang diajar menggunakan media audio visual dengan prestasi belajar kelas yang diajar tanpa menggunakan media audio visual. Dari perolehan mean posttest diperoleh rata-rata dari prestasi belajar kelompok eksperimen dan kontrol. Perolehan rata-rata skor prestasi belajar kelompok eksperimen yaitu 88,75 dan rata-rata skor prestasi belajar kelompok kontrol yaitu 74,58. Selisih rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 14,17. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor kelas yang diajar menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada skor rata-rata kelompok yang diajar tanpa menggunakan media audio visual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audio visual lebih efektif daripada tanpa penggunan media audio visual dalam pembelajaran musik mancanegara di Asia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, media audio visual, musik mancanegara di Asia |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 03:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17678 |
Actions (login required)
View Item |