Deliberative Public Policy Dalam Pelaksanaan Kebijakan Hutan Kemasyarakatan Di Dusun Jragum, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, DIY

Utami, Meigita Dyah (2015) Deliberative Public Policy Dalam Pelaksanaan Kebijakan Hutan Kemasyarakatan Di Dusun Jragum, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full AN 11417141034 Meigita Dyah Utami.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses deliberatif dalam pelaksanaan kebijakan Hutan Kemasyarakatan Di Dusun Jragum Desa Ngeposari Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian yaitu Ketua Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan, Ketua Koperasi Tani Sedyo Makmur dan Kepala Dukuh Jragum, Masyarakat Dusun Jragum, Pendamping HKm Dusun Jragum (LSM Shorea), dan Pegawai Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunungkidul. Instrumen utama penelitian adalah peneliti yang dibantu dengan pedoman wawancara sebagai instrumen tambahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Proses deliberatif dalam pelaksanaan HKm diawali dengan adanya dialog otentik yang menghasilkan keputusan legitimate dan dipercaya sehingga memberi dampak positif dan memudahkan pelaksanaan HKm di Dusun Jragum, (2) Terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan HKm di Dusun Jragum, (3) Pelaksanaan HKm dengan proses deliberatif merupakan sebuah perwujudan dari good governance. Kata Kunci : Deliberative Public Policy, Kebijakan Hutan Kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 27 Apr 2015 07:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17637

Actions (login required)

View Item View Item