KORELASI ANTARA PENGETAHUAN LABORATORIUM DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SANDEN BANTUL DIY TAHUN AJARAN 2011/2012

Mahzufah,, Anisatul (2012) KORELASI ANTARA PENGETAHUAN LABORATORIUM DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SANDEN BANTUL DIY TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
KORELASI ANTARA PENGETAHUAN LABORATORIUM DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SANDEN BANTUL DIY.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya korelasi yang positif dan signifikan antara pengetahuan laboratorium dan kemampuan psikomotorik peserta didik, (2) besarnya sumbangan efektif yang diberikan pengetahuan laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik, (3) persentase kemampuan psikomotorik dalam praktikum kimia, (4) kriteria kemampuan psikomotorik dalam praktikum kimia peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sanden. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sanden. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik, yaitu teknik ujian dan observasi. Instrumen untuk mengambil data berupa butir soal tentang pengetahuan laboratorium dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan pengetahuan laboratorium (X) sebagai prediktor dan kemampuan psikomotorik (Y) sebagai kriterium. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi Y = 4,087 X + 47,245 dengan harga rxy = 0,938 sedangkan sumbangan efektif variabel pengetahuan laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik sebesar 88,0 %. Rerata persentase kemampuan psikomotorik sebesar 60,22 % (kriteria baik). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa : (1) ada korelasi yang positif dan signifikan antara pengetahuan laboratorium dan kemampuan psikomotorik didik kelas XI IPA SMAN 1 Sanden, (2) sumbangan efektif yang diberikan pengetahuan laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik sebesar 88,0 %, (3) persentase kemampuan psikomotorik dalam praktikum kimia adalah 60,22 %, (4) kriteria kemampuan psikomotorik dalam praktikum kimia adalah baik. Kata kunci : korelasi, pengetahuan laboratorium, kemampuan psikomotorik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 27 Apr 2015 07:18
Last Modified: 29 Jan 2019 21:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item View Item