Strategi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Yogyakarta

Yulianti, Desi (2015) Strategi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI Full AN 11417141011 Desi Yulianti.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelasksanaan reformasi birokrasi pemerintah Kota Yogyakarta dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh pemerintah Kota Yogyakarta dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah ketua tim pengarah reformasi birokrasi dan anggota tim penyelaras reformasi birokrasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dan dokumentasi. Tehnik validasi data menggunakan triangulasi sumber. Tehnik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan reformasi birokrasi pemerintah Kota Yogyakarta terdiri dari tiga tahap. Pertama, perumusan strategi meliputi pengembangan visi dan misi, penetapan tujuan jangka panjang, identifikasi faktor kekuatan dan kelemahan dan penentuan strategi utama pelaksanaan reformasi birokrasi berupa manajemen perubahan. Kedua, penerapan strategi dengan melaksanakan quick win reformasi birokrasi, sosialisasi road map reformasi dan penetapan road map reformsasi birokrasi melalui keputusan Keputusan Pemerintah Kota Yogyakarta Yogyakarta nomor 406/KEP/2013 tentang Penetapan Road Map Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Yogyakarta. Ketiga, strategi evaluasi dengan menerapkan evaluasi internal dan eksternal melalui penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi (PMPRB). Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan reformasi Pemerintah Kota Yogyakarata yaitu Sulitnya mengubah mindset aparatur untuk dapat mencintai pekerjaan mereka sebagai pelayan masyarakat, kurangnya pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang diakibatkan oleh adanya kebijakan pelarangan pengadaan pegawai bagi daerah yang mimiliki jumlah anggaran pegawai lebih dari 50% dari jumlah APBD, dan adanya pegawai yang mengalami stres akibat meningkatnya tuntutan pekerjaan sebagai konsekuensi adanya reformasi birokrasi. Kata kunci : reformasi birokrasi, strategi, kendala

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 27 Apr 2015 07:14
Last Modified: 29 Jan 2019 21:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17613

Actions (login required)

View Item View Item