PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU TONGKOL JAGUNG PADA ION LOGAM TEMBAGA(II)

Purnamasari, Anindita Satiti (2012) PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP EFEKTIFITAS ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU TONGKOL JAGUNG PADA ION LOGAM TEMBAGA(II). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel dari abu tongkol jagung terhadap efektifitas adsorpsi ion logam Cu(II). Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pembuatan natrium silikat, pembuatan silika gel dan adsorpsi terhadap Cu(II). Natrium silikat diperoleh melalui reaksi antara abu tongkol jagung dengan NaOH pada temperatur 100 oC. Pembentukan gel dilakukan dengan menambahkan merkaptobenzotiazol dan HCl secara bertetes-tetes dalam larutan natrium silikat sampai mencapai pH=7. Variasi konsentrasi merkaptobenzotiazol yang digunakan adalah 0,02; 0,06 dan 0,10 M. Silika gel yang telah ditambahkan MBT digunakan sebagai adsorben Cu(II). Penggunaan AAS untuk mengetahui konsentrasi Cu(II) teradsorbsi. Spektrofotometer Infra-Merah (FTIR) untuk mengidentifikasi gugus silanol, siloksan, -SH dari MBT, dan gugus-gugus lain yang terikat pada silika gel. Variasi konsentrasi MBT mempengaruhi efektifitas adsorpsi silika gel pada ion logam Cu(II). Efektifitas adsorpsi paling besar terlihat pada silika gel yang ditambah MBT pada kosentrasi 0,06 M dengan efektifitas sebesar 48,723 % tetapi terjadi penurunan pada SM-10 dengan efektifitas adsorpsi sebesar 42,405% karena efektifitas adsorpsi pada keadaan optimal di daerah SM-6. Kata kunci: merkaptobenzotiazol; adsorpsi; silika gel; abu tongkol jagung; tembaga(II)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 27 Apr 2015 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 21:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17607

Actions (login required)

View Item View Item