PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA BILINGUAL (INDONESIA-INGGRIS) BERBASIS WEBSITE MATERI ASAM BASA DAN SISTEM KOLOID UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Widyaningsih, Erlina (2012) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA BILINGUAL (INDONESIA-INGGRIS) BERBASIS WEBSITE MATERI ASAM BASA DAN SISTEM KOLOID UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KIMIA BILINGUAL.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Ensiklopedia Kimia Bilingual (Indonesia-Inggris) Berbasis Website Materi Asam Basa dan Sistem Koloid untuk Peserta Didik SMA/MA dan mengetahui kualitas Ensiklopedia Kimia yang telah disusun berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA RSBI. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah tersebut adalah tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian produk. Produk awal Ensiklopedia Kimia ini ditinjau dan diberi masukan oleh 3 peer reviewer, 2 ahli media dan materi. Kualitas Ensiklopedia Kimia dinilai oleh 5 guru kimia SMA RSBI selaku reviewer dengan mengisi angket penilaian yang mencakup 5 aspek penilaian yaitu 1) aspek pemanfaatan sumber informasi; 2) aspek deskripsi; 3) aspek tampilan; 4) aspek kebahasaan; dan 5) aspek kemudahan pengoperasian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif dengan skala lima, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Ensiklopedia Kimia. Produk penelitian ini berupa Ensiklopedia Kimia materi Asam Basa dan Sistem Koloid untuk Peserta Didik SMA/MA. Berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA, Ensiklopedia Kimia yang disusun memperoleh nilai rata-rata 77,60 dari nilai maksimal 105 sehingga memiliki kualitas baik (B) dan memiliki persentase keidealan 73,9%. Website Ensiklopedia Kimia layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 27 Apr 2015 05:31
Last Modified: 29 Jan 2019 21:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17603

Actions (login required)

View Item View Item