PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBAHASA INGGRIS UNTUK SMA KELAS XII (12TH GRADE CHEMISTRY LABORATORY WORK MANUAL)

Pratiwi, Findi Darna Pratiwi (2012) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBAHASA INGGRIS UNTUK SMA KELAS XII (12TH GRADE CHEMISTRY LABORATORY WORK MANUAL). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak Indonesia.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku petunjuk praktikum kimia berbahasa Inggris untuk program IPA SMA kelas 12 dan untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan. Cara pengembangan produk memiliki 3 langkah; (1) tahap analisis, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan dan produksi. Pada tahap pengembangan dan produksi, produk buku petunjuk praktikum kimia ditinjau oleh (1) dosen pembimbing, (2) dosen ahli media dan dosen ahli materi, dan (3) peer-review. Produk buku petunjuk praktikum kimia kemudian dinilai oleh guru kimia untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum kimia. Hasil penilaian berupa data kualitatif diubah menjadi kuantitatif dengan skala lima, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian ini berupa buku petunjuk praktikum kimia berbahasa Inggris untuk kelas 12 SMA. Berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMA, produk buku petunjuk praktikum kimia berbahasa Inggris memperoleh nilai rata-rata 113,6 dari nilai maksimal 135 dan memiliki persentase keidealan 84,148%. Buku petunjuk praktikum kimia yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dan dapat digunakan sebagai sumber kegiatan praktikum kimia untuk siswa program IPA di RSBI/SBI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 Apr 2015 06:56
Last Modified: 29 Jan 2019 21:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17514

Actions (login required)

View Item View Item