SUMBANGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI, INTELIGENSI, DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR ANGGOTA PLETON INTI SMP PIRI NGAGLIK KAB. SLEMAN

Widiantoro, Rahmawati Widiantoro (2012) SUMBANGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI, INTELIGENSI, DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR ANGGOTA PLETON INTI SMP PIRI NGAGLIK KAB. SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
01. sampul baru.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. hal depan baru.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB I REVISI TERAKHIR. baru.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya sumbangan kesegaran jasmani, inteligensi dan motivasi terhadap hasil belajar anggota pleton inti SMP PIRI Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode tes TKJI, angket, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa anggota pleton inti yang berjumlah 68 anak. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 59 anak berdasarkan Tabel Krecjie. Penentuan sampel uji coba instrument menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah TKJI untuk usia 13-15 tahun, dokumentasi data, dan angket dengan uji validitas per butir instrumen menggunakan rumus Product Moment dari Karl Pearson, dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien sebesar 0,965. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesegaran jasmani (X1), inteligensi (X2), dan motivasi (X3) dengan hasil belajar (Y). Dari uji hipotesis diperoleh Fhitung = 19,87 > Ftabel = 2,70, dengan koefisien korelasi sebesar 0,7212 > rtabel 0,254 pada taraf signifikan 0,005. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, sumbangan yang diberikan masing masing variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu kesegaran jasmani memberikan sumbangan terhadap hasil belajar sebesar 22,8%, variabel inteligensi memberikan sumbangan terhadap hasil belajar sebesar 8,8% dan variabel motivasi memberikan sumbangan sebesar 67,1%. Berdasar perhitungan menggunakan analisis regresi ganda, kesegaran jasmani, inteligensi, dan motivasi secara bersama-sama menyumbangkan 72,12% terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 23 Apr 2015 03:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17428

Actions (login required)

View Item View Item