EFEKTIVITAS INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA PEMBELAJARAN REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X

ANANINGSIH, YUNI (2012) EFEKTIVITAS INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA PEMBELAJARAN REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS INQUIRY BASED LEARNING.docx

Download (10kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) efektivitas Inquiry Based Learning pada pembelajaran reaksi oksidasi-reduksi terhadap peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Kolombo Yogyakarta (b) efektivitas Inquiry Based Learning pada pembelajaran reaksi oksidasi-reduksi terhadap peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Kolombo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X semester 2 SMA Kolombo Yogyakarta yang berjumlah 68 peserta didik dan dibagi ke dalam 3 kelas. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive cluster sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen menerapkan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh Wiwit Sepvianti. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova), uji-t sama subjek, dan uji- t beda subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Inquiry Based Learning pada pembelajaran reaksi oksidasi-reduksi tidak efektif terhadap peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Kolombo Yogyakarta, (b) Inquiry Based Learning pada pembelajaran reaksi oksidasi-reduksi efektif terhadap peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Kolombo Yogyakarta. Kata kunci: Inquiry Based Learning, Materi Oksidasi-Reduksi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Apr 2015 02:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17409

Actions (login required)

View Item View Item