UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI MELALUI VOKALISI DALAM EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMP PANGUDI LUHUR SANTO ALOYSIUS BAYAT

Nugraha, Nicolas Aditya (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI MELALUI VOKALISI DALAM EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMP PANGUDI LUHUR SANTO ALOYSIUS BAYAT. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nicolas Aditya Nugraha_11208241022.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan bernyanyi melalui vokalisi dalam ekstrakurikuler paduan suara di SMP Pangudi Luhur Santo Aloysius Bayat. Selain itu juga untuk mengetahui peningkatan nilai rata-rata setiap siklus. Penelitian ini adalah jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Prosedur penelitian ini mengunakan model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Responden penelitian ini adalah siswa-siswi di SMP Pangudi Luhur Santo Aloysius Bayat yang mengikuti kegiatan Ektrakurikuler Paduan Suara. Kelas ektrakurikuler paduan suara di SMP tersebut diberi tindakan berupa vokalisi. Penyajian data dalam penelitian ini melalui angka dalam prosentase, tabel dan gambar grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan bernyanyi melalui vokalisi. Hal ini dilihat dari peningkatan sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Peningkatan ini dilihat dari hasil tes pada saat pra-siklus yang masuk dalam kriteria KURANG dan sesudah diberikan tindakan hasilnya masuk dalam kriteria BAIK. Nilai rata-rata anggota paduan suara mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I sebesar 29,41%. Kemudian dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata kembali mengalami peningkatan sebesar 44,12%. Dengan demikian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 80,00 telah mencapai kriteria BAIK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bernyanyi, vokalisi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 02:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item View Item