STRATEGI PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 BANTUL

Setiawan, Afrizal Yudha (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFRIZAL YUDHA.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan ekstrakurikuler ansambel musik di SMP Negeri 2 Bantul. Fokus dari penelitian ini adalah permasalahan yang berhubungan dengan strategi pembelajaran ansambel musik dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Data-data diperoleh melalui: 1) wawancara mendalam; 2) observasi partisipatif; dan 3) dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu membandingkan antara sumber data yang satu dengan yang lain. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif, yang terdiri dari: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah strategi pembelajaran langsung, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa sebagai subjek belajar. Metode-metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah: 1) metode ceramah; 2) metode demonstrasi; 3) metode drill. Teknik yang digunakan dalam penerapan metode pembelajaran adalah dengan mengkombinasikan metode ceramah dengan metode demonstrasi, dan metode demonstrasi dengan metode drill. Penerapan metode pembelajaran juga ditunjang dengan menggunakan media pembelajaran. Media yang digunakan adalah papan tulis dalam proses penyampaian materi melalui ceramah, dan media alat musik keyboard dalam proses penyampaian materi melalui metode demonstrasi dan metode drill.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, ansambel musik, ekstrakurikuler
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 02:03
Last Modified: 29 Jan 2019 21:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17396

Actions (login required)

View Item View Item