BERBASIS INSTRUCTIONAL GRAPHICS MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SEMESTER 2 KEJAR PAKET C SETARA SMA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2009/2010

Dewi, Azizah Kurnia (2011) BERBASIS INSTRUCTIONAL GRAPHICS MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SEMESTER 2 KEJAR PAKET C SETARA SMA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
BERBASIS INSTRUCTIONAL GRAPHICS MATERI LARUTAN.docx

Download (12kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya media CD dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti dan tidak mengikuti proses pembelajaran kimia dengan menggunakan media CD pembelajaran berbasis Instructional Graphics. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 Kejar Paket C setara SMA yang terbagi kedalam tiga kelas. Satu kelas dengan jumlah 22 peserta didik digunakan sebagai kelas eksperimen (A1) dan satu kelas dengan jumlah 20 peserta didik digunakan sebagai kelas kontrol (A2) yang diambil secara purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen yang dianalisis dengan uji t sama subyek, data motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dianalisis dengan uji t beda subyek, dan prestasi belajar kimia peserta didik yang dianalisis dengan analisis kovarian (anakova). Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran kimia menggunakan media berbasis Instructional Graphics lebih efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik pada siswa kelas X semester 2 Kejar Paket C Setara SMA Kabupaten Magelang semester genap tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:22
Last Modified: 29 Jan 2019 21:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item View Item