AKTIVITAS FOTOKATALITIK TiO2 CAMPURAN ANATAS DAN RUTIL TERDISPERSIKAN ZAT PENSENSITIF AgI TERHADAP FOTODEGRADASI METILEN BIRU

Purwanti, Rini (2011) AKTIVITAS FOTOKATALITIK TiO2 CAMPURAN ANATAS DAN RUTIL TERDISPERSIKAN ZAT PENSENSITIF AgI TERHADAP FOTODEGRADASI METILEN BIRU. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh persentase perak dalam TiO2@AgI terhadap karakter dan aktivitas fotokatalitiknya dalam mendegradasi metilen biru. Titanium dioksida (TiO2) campuran anatas dan rutil yang digunakan sebagai support diperoleh dari kalsinasi H2Ti4O9 pada temperatur 900 ºC selama 4 jam. Titanium dioksida yang dihasilkan memiliki komposisi fasa 84% anatas dan 16% rutil yang diberi nama TiO2 (A84R16). Titanium dioksida (A84R16) terdispersikan zat pensensitif AgI dihasilkan melalui metode deposition-precipitation pada temperatur kamar selama 12 jam (2 x 6 jam) dengan NH4OH 25% sebagai sumber basa. Produk TiO2@AgI dikeringkan dalam oven selama 2 jam pada temperatur 70 ºC. Produk dikarakterisasi menggunakan XRD untuk mengetahui struktur kristal, TEM untuk mengetahui morfologinya, dan spektrofotometer UV-Vis untuk mengetahui energi celah pita. Mekanisme fotodegradasi pada metilen biru dilakukan di bawah cahaya matahari selama 60 menit. Semua produk hasil sintesis TiO2@AgI dengan persentase perak 5-25% mengandung kristal AgI dengan fasa-β yang dikenal dengan mineral Iodargyrite. Semua produk TiO2@AgI memiliki energi celah pita maksimum sekitar 3,5 eV dan memiliki serapan senyawa AgI di daerah tampak. Variasi persentase perak dalam TiO2@AgI mempengaruhi aktivitas fotokatalitiknya dalam mendegradasi metilen biru. Berdasarkan aktivitas fotokatalitiknya, TiO2@AgI 10% merupakan sampel yang paling bersifat fotoaktif untuk mendegradasi metilen biru, sehingga sampel paling baik untuk digunakan sebagai fotokatalis. Berdasarkan morfologi, panjang kristal support dari TiO2@AgI 10% antara 120-1250 nm dan diameter antara 60-220 nm, sedangkan kristal AgI fasa-β dengan panjang diameter antara 27-85 nm.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Apr 2015 06:47
Last Modified: 29 Jan 2019 21:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item