PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI DAN SEL ELEKTROKIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/MA

Umasangaji, Nani (2012) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI DAN SEL ELEKTROKIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout berbasis kontekstual sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA dan menentukan kualitas dari handout tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model bersifat deskriptif yang menggambarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Handout ditinjau oleh dosen pembimbing sekaligus ahli materi dan ahli media dan peer reviewer. Handout kemudian dinilai oleh guru kimia SMA untuk menentukan kualitas handout tersebut. Analisis kualitatif menggunakan standar kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian ini adalah handout berbasis kontekstual untuk pembelajaran kimia materi reaksi reduksi oksidasi dan sel elektrokimia sebagai sumber belajar mandiri. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA, skor rata-rata (X ̅) produk ini adalah 94,2. Skor rata-rata lebih dari 83,76 ((X ) ̅> 92,4). Oleh karena itu, handout yang telah dikembangkan tersebut mempunyai kualitas sangat baik (SB) dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik kelas XII SMA/MA. Kata kunci: handout, kontekstual, redoks dan sel elektrokimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Apr 2015 04:26
Last Modified: 29 Jan 2019 21:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17189

Actions (login required)

View Item View Item