PERBANDINGAN PENINGKATAN MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA SIBELIUS 6 DI SMP NEGERI 1 WATES

Anoraga, Yusril Aqil (2015) PERBANDINGAN PENINGKATAN MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA SIBELIUS 6 DI SMP NEGERI 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yusril Aqil Anoraga 10208244062.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat siswa SMP Negeri 1 Wates terhadap pembelajaran seni musik sebelum dan setelah diberikan pembelajaran seni musik menggunakan media sibelius 6. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah true experimental design. Bentuk true experiment yang digunakan adalah pretest-post test control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wates yang mengikuti pelajaran seni musik sebanyak empat (4) kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel kelas VIII E dan VIII D sebanyak 53 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran seni musik menggunakan media sibelius 6 terhadap peningkatan minat siswa terhadap pelajaran seni musik di SMP Negeri 1 Wates. Hal ini dapat diketahui dari analisis kuantitatif yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata posttest pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen sebelum perlakuan (pretest) 130,76 dan setelah perlakuan (posttest) 137,04. Perubahan peningkatan pada kelompok eksperimen tidak terjadi pada kelompok kontrol, bahkan pada kelompok kontrol cenderung mengalami penurunan. Mean kelompok kontrol ketika pretest 129,3846 dan mean ketika posttest 125,2692. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji statistik Independent Sample t-Test terhadap gain score dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai t hitung yang diperoleh adalah 5,550 dan t tabel untuk dua ujung (2-tailed) adalah 2.00758. Nilai p yang diperoleh adalah 0,000, sedangkan nilai α adalah 0,05 (t hitung > t tabel) maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat siswa terhadap pelajaran seni musik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat,pelajaran seni musik, media sibelius 6, siswa SMP
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 03:16
Last Modified: 29 Jan 2019 21:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16900

Actions (login required)

View Item View Item