PERSEPSI GURU PENDIDIKAN SENI MUSIK TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) DI SMP NEGERI SE-KOTAMADYA YOGYAKARTA

Dewi, Vivi Ervina (2014) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN SENI MUSIK TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) DI SMP NEGERI SE-KOTAMADYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vivi Ervina Dewi 10208241004.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan berbagai macam persepsi guru pendidikan seni musik tentang pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran seni budaya (seni musik) di SMP Negeri se-Kotamadya Yogyakarta.Persepsi yang dimaksud adalah respon guru terhadap Kurikulum 2013 mata pelajaran seni budaya (seni musik). Kuantitatif dijadikan pendekatan pada penelitian ini. Semua guru pendidikan seni musik di SMP Negeri se-Kotamadya Yogyakarta dengan jumlah 31 orang guru pendidikan seni musik adalah populasi dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan dua jenis angket yaitu angket tertutup dan angket terbuka. Statistik deskriptif dipilih sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Penyajian data dalam penelitian ini melalui angka dalam prosentase dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 31 responden terdapat 29 responden yang menjawab setuju dan berpersepsi positif tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan menunjukkan prosentase 93,55% dan 2 responden yang menjawab tidak setuju dan berpersepsi negatif tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan menunjukkan prosentase 6,45%. Adapun persepsi tersebut antara lain: (1) Sebagian besar responden menyatakan bahwa materi pembelajaran dan tuntutan pembelajaran yang tercantum dalam standar isi Kurikulum 2013 mata pelajaran seni budaya (seni musik) sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik, dan sudah seimbang dalam variasi materi untuk siswa antara praktik, vokal, instrumental, dan campuran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. (2) Secara garis besar responden menerima adanya perubahan kurikulum yang diberlakukan saat ini yaitu Kurikulum 2013 karena visi dan misi Kurikulum 2013 sudah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. (3) Pemilihan metode dan media yang tepat serta sumber belajar, sarana prasarana dan fasilitas yang memadai sangat mendukung dalam proses pembelajaran mengingat Kurikulum 2013 sudah diberlakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, guru pendidikan seni musik, Kurikulum 2013
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 21:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16892

Actions (login required)

View Item View Item