UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK GUMBENG MELALUI ARANSEMEN LAGU POP DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN

Sudarwanto (2015) UPAYA PENINGKATAN MINAT SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK GUMBENG MELALUI ARANSEMEN LAGU POP DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sudarwanto 10208244001.pdf

Download (65MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya peningkatkan minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler musik gumbeng melalui aransemen lagu pop di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Lagu yang diaransemen adalah lagulagu populer yang disukai oleh siswa. Melalui aransemen lagu pop, maka akan tercipta suasana baru dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik gumbeng di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, catatan lapangan, dokumentasi, angket, dan penilaian. Instrumen penelitian ini berupa Angket minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik gumbeng dan lembar penilaian tes kemampuan siswa dalam memainkan materi lagu. Validitas penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratis, proses, dialogis, dan hasil. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan aransemen lagu pop dalam kegiatan ekstrakurikuler musik gumbeng di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dapat meningkat. Meningkatnya minat belajar siswa tersebut dapat dibuktikan dengan prosentase peningkatan minat belajar siswa, yaitu pada pra siklus adalah 63,39%, pada siklus I adalah 85,78%, dan pada siklus II adalah 89,70%, selain itu rata-rata prestasi belajar siswa juga meningkat yaitu pada pra siklus adalah 67,56, pada siklus I adalah 75,98, dana pada siklus II adalah 85,20, serta meningkatnya tanggapan/ respon siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik gumbeng.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, ekstrakurikuler musik gumbeng, aransemen lagu pop
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 02:52
Last Modified: 29 Jan 2019 21:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item