PENERAPAN METODE CARL ORFF UNTUK PEMBELAJARAN MUSIK DALAM DRUMBAND SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN KREATIVITAS SISWA KELOMPOK B TK SINAR MELATI SLEMAN

Lestari, Novi Diah (2015) PENERAPAN METODE CARL ORFF UNTUK PEMBELAJARAN MUSIK DALAM DRUMBAND SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN KREATIVITAS SISWA KELOMPOK B TK SINAR MELATI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Novi Diah Lestari 09208244038.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktivan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran drumband dengan menggunakan metode Carl Orff. Carl Orff adalah sebuah metode pembelajaran musik yang mengaplikasikan antara pergerakan dan bermain musik dalam proses pembelajarannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelompok B TK Sinar Melati Sleman yang berjumlah 19 siswa. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran drumband dengan menggunakan metode Carl Orff. Instrumen penelitian ini berupa Lembar evaluasi/tes yang berbentuk tes praktik individu. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, validitas katalitik dan validitas dialogik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Carl Orffdapat meningkatkan keaktivan dan kreativitas siswa kelompok B TK Sinar melati Sleman dalam mengikuti kegiatan extrakulikuler. Hal tersebut dapat ditunjukam dengan melihat nilai perkembangan siswa. Pada tahapan pra siklus siswa yang memperoleh bintang 4 (berkembang sangat baik) sebesar 21 % / 4 siswa, siklus 1 meningkat menjadi 10 siswa / 52 % dan siklus 11 menjadi 16 siswa / 84 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keaktivan, Kreativitas, Drumband
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 02:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16873

Actions (login required)

View Item View Item