FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BERALIHNYA MINAT MASYARAKAT DESA TAMBE, KABUPATEN BIMA, NUSA TENGGARA BARAT DARI TARI WURA BONGI MONCA KE HIBURAN KEYBOARD TUNGGAL DALAM ACARA NIKA

Ramadhan, Muhammad (2015) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BERALIHNYA MINAT MASYARAKAT DESA TAMBE, KABUPATEN BIMA, NUSA TENGGARA BARAT DARI TARI WURA BONGI MONCA KE HIBURAN KEYBOARD TUNGGAL DALAM ACARA NIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ramadhan 07208241002.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab beralihnya minat masyarakat desa Tambe, kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dari tari Wura Bongi Monca ke hiburan keyboard tunggal dalam acara Nika. Fokus pertanyaan penelitian ditujukan pada minat masyarakat desa Tambe terhadap tari Wura Bongi Monca, minat masyarakat desa Tambe terhadap hiburan keyboard tunggal, dan faktor penyebab beralihnya minat masyarakat dari tari Wura Bongi Monca ke hiburan keyboard tunggal dalam acara Nika. Sesuai dengan tujuan dan pertanyaan penelitian, objek penelitian ini adalah faktor penyebab beralihnya minat masyarakat dari tari Wura Bongi Monca ke hiburan keyboard tunggal, dimana yang menjadi subjek penelitian adalah masyarakat desa Tambe. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik inventori, dimana data dikumpulkan dengan instrumen inventori. Data yang diperoleh didukung dengan wawancara terhadap seniman tari Wura Bongi Monca dan kelompok keyboard tunggal. Data dianalisis dengan teknik analisis deksriptif dan pengolahan data hasil inventori diolah dengan teknik analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat masyarakat desa Tambe terhadap tari Wura Bongi Monca tergolong rendah; (2) minat masyarakat desa Tambe terhadap keyboard tunggal tergolong cukup; (3) faktor eksternal yang memberikan pengaruh sangat tinggi terhadap peralihan minat dari tari Wura Bongi Monca ke hiburan keyboard tunggal dalam acara Nika adalah kebiasaan masyarakat desa Tambe untuk menampilkan hiburan keyboard tunggal; dan (4) faktor internal yang memberikan pengaruh sangat tinggi terhadap peralihan minat dari tari Wura Bongi Monca ke hiburan keyboard tunggal dalam acara Nika adalah anggapan bahwa keyboard tunggal merupakan hiburan yang lebih sesuai untuk ditampilkan dalam acara Nika apabila dibandingkan dengan tari Wura Bongi Monca.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, keyboard tunggal, tari Wura Bongi Monca
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 17 Apr 2015 02:32
Last Modified: 29 Jan 2019 21:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16869

Actions (login required)

View Item View Item