PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI BERBASIS ADOBE FLASH PRO CS5 PADA SISWA KELAS VII KURIKULUM 2013

Ainuzzaman, Dienur (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI BERBASIS ADOBE FLASH PRO CS5 PADA SISWA KELAS VII KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dienur A 10201244023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Adobe Flash CS5 untuk materi teks eksplanasi. Peneliti memilih aplikasi Adobe Flash CS5 karena memungkinkan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang terdiri dari fitur yang lengkap agar media yang dikembangkan mampu melibatkan indera penglihatan dan pendengaran siswa secara aktif sehingga proses penyerapan materi menjadi lebih maksimal. Prosedur yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Brog dan Gall yang disederhanakan hanya pada batas validitas ahli dan revisi produk. Keenam langkah tersebut adalah (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft ; (4) validasi; (5) revisi; dan (6) uji produk terbatas. Pengambilan data dilakukkan dengan validasi ahli media, ahli materi, guru bahasa Indonesia tingkat SMP, dan perwakilan siswa kelas VII SMP N 1 Pengadegan dengan mengumpulkan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan konversi skala 4. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah perangkat multimedia pembelajaran dalam bentuk CD yang berisi file exe. swf. dan html. yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran sesuai dengan hasil validasi. Validasi ahli materi terhadap aspek kualitas pembelajaran dan aspek penyajian diperoleh skor rata-rata 3,1, dan rerata presentase 77,5% dengan kategori baik. Hasil validasi guru bahasa Indonesia terhadap aspek kualitas pembelajaran dan aspek penyajian materi diperoleh skor rata-rata 3,57 dan rerata presentase 89,25% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media terhadap aspek tampilan dan pengoperasian diperoleh skor rata-rata 3,33 dan rerata presentase 83,31% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, teks eksplanasi, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:56
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16768

Actions (login required)

View Item View Item