EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA PESERTA DIDIK MA NEGERI YOGYAKARTA III KELAS X SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2012/2013

Aribah, Khamimatun (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA PESERTA DIDIK MA NEGERI YOGYAKARTA III KELAS X SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK.docx

Download (13kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada peserta didik MA Negeri Yogyakarta III kelas X semester 2 tahun ajaran 2012/2013 terhadap ada tidaknya perbedaan: (a) motivasi belajar kimia sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran, (b) motivasi belajar kimia kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan (c) pemahaman konsep kimia jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Negeri Yogyakarta III tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (XB) dan kelas kontrol (XA) yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar kimia yang dianalisis dengan uji-t, data pengetahuan awal kimia dan data pemahaman konsep kimia peserta didik yang dianalisis dengan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada peserta didik MA Negeri Yogyakarta III kelas X semester 2 tahun ajaran 2012/2013 terdapat perbedaan yang signifikan pada: (a) motivasi belajar kimia sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran, (b) motivasi belajar kimia kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan (c) pemahaman konsep kimia jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write, pemahaman konsep, motivasi belajar, purposive sampling, anakova

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16765

Actions (login required)

View Item View Item