PENGEMBANGAN CHEMISTRY COMIC IN LIFE DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Afrianto, Zuli (2013) PENGEMBANGAN CHEMISTRY COMIC IN LIFE DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN CHEMISTRY COMIC IN LIFE DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan chemistry comic in life dengan pendekatan multiple intelligences pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sebagai media belajar mandiri peserta didik SMA kelas X dan mengetahui kualitas chemistry comic in life yang dikembangkan melalui penilaian reviewer. Pengembangan chemistry comic in life menggunakan model pengembangan prosedural. Ada beberapa tahap pengembangan, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan analisis data. Proses pengembangan chemistry comic in life dinilai oleh ahli media sekaligus ahli materi, peer reviewer dan reviewer. Kualitas komik ditentukan oleh 5 reviewer yaitu 5 guru kimia SMA. Penentuan kualitas komik menggunakan instrumen berupa angket yang berisi 9 kriteria dan 33 indikator yang ditabulasikan dalam bentuk skor dan dikonversi dalam skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian, penilaian kualitas chemistry comic in life oleh 5 reviewer diperoleh skor rata-rata 140 dengan persentase 84,85% sehingga dikategorikan sangat baik (SB). Kategori sangat baik menunjukkan chemistry comic in life pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit layak digunakan sebagai media belajar mandiri bagi peserta didik SMA kelas X. Kata Kunci: media, multiple intelligences, chemistry comic in life.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:44
Last Modified: 29 Jan 2019 21:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16763

Actions (login required)

View Item View Item