PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2010 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Budianto Arif, Budi (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2010 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Arif Budianto 08402244036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2010 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh : Arif Budianto NIM : 08402244036 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2010 FE UNY ; 2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FE UNY ; 3) Pengaruh motivasi belajar intrinsik dan minat belajar mahasiswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angakatan 2010 FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FE UNY dengan jumlah 86 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2011 FE UNY dengan jumlah 30 mahasiswa . Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan analisis bivariat dan analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FE UNY, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,237>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05); 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FE UNY, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,051>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05); 3) terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar intrinsik dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FE UNY, hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 42,631 lebih besar dari F tabel (42,631>3,44) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,507 atau 50,7%. Hasil ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel motivasi belajar intrinsik dan minat belajar sebesar 50,7%, sedangkan sisanya sebesar 49,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : motivasi belajar intrinsik, minat belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16758

Actions (login required)

View Item View Item