Hubungan antara Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Yogyakarta

Anintyawati, Riska (2015) Hubungan antara Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full P.IPS 11416244016.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah belum diketahui ada tidaknya hubungan antara penerapan pendekatan saintifik dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan pendekatan saintifik dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Yogyakarta sebanyak 291 siswa. Sampel penelitian sebanyak 158 siswa, diambil dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas, uji hipotesis dilakukan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan pendekatan saintifik dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Yogyakarta yang dibuktikan dengan nilai r 0,473 berarti terdapat hubungan positif karena tidak terdapat tanda negatif, kemudian nilai 0,473 lebih besar dari pada nilai 0,156 menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan. Hubungan pendekatan saintifik dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam penelitian ini memiliki koefisien determinasi sebesar 0,224 atau 22,4%. Artinya, varian yang terjadi pada variabel kemampuan berpikir kritis ditentukan oleh pendekatan saintifik sebesar 22,4%. Dari hasil penelitian, maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan pendekatan saintifik dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Yogyakarta diterima. Kata Kunci: pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:38
Last Modified: 16 Apr 2015 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16722

Actions (login required)

View Item View Item